Selasa, 28 Agustus 2012

Tentang WIKIPEDIA

Wikipedia

 Wikipedia (pengucapan: wɪkɨˈpiːdiə/ atau wɪkiˈpiːdiə/ atau wik-i-pee-dee-ə atau wi·ki·pæ·di·a atau wi·ki·pi·di·a) adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

Keistimewaan

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah.
Wikipedia berawal sebagai proyek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas daring yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia . Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.


Selayang pandang

DVD Wikipedia
Berikut ini beberapa karakteristik penting di dalam proyek Wikipedia:
 

Perkembangan jumlah artikel

Sejak resmi diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia Bahasa Inggris telah mengalami perkembangan jumlah artikel yang luar biasa. Tanggal 21 Januari 2003, jumlah artikel yang dimiliki telah mencapai 100.000 buah, kemudian pada tanggal 01 Maret 2006, telah memiliki 1.000.000 artikel. Angka ini terus bertambah menjadi 2.000.000 artikel pada tanggal 9 September 2007 dan menembus angka 3.000.000 artikel pada tanggal 17 Agustus 2009.
Hingga bulan Desember, proyek Wikipedia yang telah memiliki jumlah artikel lebih dari 1.000.000 hanya ada 4 bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jerman yang telah menembus angka ini pada tanggal 27 Desember 2009, Bahasa Perancis yang telah melampauinya pada tanggal 21 September 2010 dan Bahasa Belanda yang mencapai angka ini pada 17 Desember 2011.
Sedangkan Wikipedia Bahasa Indonesia, pertama kali memiliki artikel pada tanggal 30 Mei 2003. Angka ini menjadi 1.000 artikel pada tanggal 16 Maret 2004, kemudian menembus angka 10.000 artikel pada tanggal 31 Mei 2005. Perolehan 100.000 artikel didapat pada tanggal 21 Februari 2009. Pada tanggal 7 Desember 2011, Wikipedia Bahasa Indonesia telah memiliki lebih dari 178.000 artikel.


Basis data yang dapat diunduh

Setiap orang yang ingin menggunakan isi bebas Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG.
Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, wordiq, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat 'data turunan' (forking) dari isi Wikipedia.

Setiap orang dapat memberikan kontribusi

Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi, tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik, lihat Wikipedia:Mengapa Wikipedia tidak begitu hebat. Tetapi ia pun memiliki sistem "penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut, lihat Wikipedia:Balasan terhadap penolakan umum.

Perusakan

Salah satu wacana utama di dalam Wikipedia adalah "perusakan" atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet.
"Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis," pengakuan Larry Sanger kepada Wired News. "Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan... dan menyingkirkannya dengan segera."


Perangkat keras

Server-server Wikimedia di Tampa.
Wikipedia dijalankan dengan memakai perangkat lunak MediaWiki oleh server-server milik Yayasan Wikimedia. Sampai dengan 13 Mei 2006 Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lainnya dijalankan oleh 175 server yang terletak di 4 lokasi berbeda yaitu di Tampa, Florida-Amerika Serikat, Paris-Perancis, Amsterdam-Belanda, serta di lokasi Yahoo!.
Perincian server menurut lokasinya adalah sebagai berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar