Selasa, 28 Agustus 2012

Sejarah PlayStation 3

PlayStation 3

PlayStation 3 (bahasa Jepang: プレイステーション 3, Pureisutēshon San, merek dagang: PLAYSTATION 3, disingkat PS3) adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 merupakan penerus dari PlayStation dan PlayStation 2. Konsol ini bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo.

PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh, dan dirilis pada tanggal 17 November 2006 di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya. PlayStation 3 dirilis dengan 2 tipe, Basic dan Premium/Platinum. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. Konfigurasi final pertama dipertunjukkan di TGS (Tokyo Game Show) 2006.
Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri oleh Sony yang bekerjasama dengan NVidia.

Sejarah

Pada tahun 2006,Sony mengumumkan jaringan online untuk sistem Playstation 3 pada "2006 PlayStation Business Briefing meeting" di Tokyo Jepang. Sementara dinamai "PlayStation Network Platform". Sony juga mengkonfirmasi pelayanan tersebut akan selalu tersambung,gratis,dan termasuk jaringan multiplayer.Daftar lengkap fitur yang tersedia pada saat peluncuran diumumkan pada konferensi pers mereka saat Tokyo Game Show 2006. Saat jaringan dijalankan,pendaftaran hanya dapat dilakukan oleh Playstation 3 dan Playstation Portable.Ini telah berubah,semenjak mereka memungkinkan pengguna mendaftar dari website Playstation Network.
Ketika TGS pada 21 September 2006,mereka membeberkan bahwa pengguna bisa mendownload game PS3 dan PSP dari Playstation Network mulai dari Harga $5-$15,dimulai dari data terkecil.
Pada tanggal 8 Mei 2007, Sony Computer Entertainment mengumumkan PlayStation Network card, bentuk uang elektronik yang dapat digunakan di Store. PlayStation Network Tiket, tersedia dalam harga 1.000, 3.000, 5.000, dan 10.000 yen, dapat dibeli di toko-toko di seluruh Jepang. Tiket Masing-masing berisi 12 karakter kode alfanumerik yang dapat menjadi masukan di PlayStation Network untuk menempatkan kredit dalam dompet virtual [13]. tiket tersedia melalui kios elektronik di 26.000 toko-toko, termasuk Lawson, Family Mart, Daily Yamazaki, Ministop dan Sunkus. Mereka juga tersedia di 26.000 ATM kantor pos, meskipun pendaftaran diperlukan pertama di situs web mobile khusus.
Sebuah sistem mirip Playstation Network Card diperkenalkan di Korea Selatan, Hong Kong dan Taiwan pada musim panas 2007 dan pada musim semi 2008 di Amerika Utara. Dan terakhir Inggris dan Uni Eropa pada bulan Oktober 2009. PlayStation Network Card juga diluncurkan di Malaysia pada bulan Juni 2009 bersamaan dengan peluncuran PlayStation Store setempat.
Pada tanggal 29 Juni 2010,layanan premium diluncurkan di atas layanan gratis yang disebut PSN PlayStation Plus, yang menawarkan konten eksklusif untuk pelanggannya.
Pada tahun 2011, Sony menggugat George Hotz. Salah satu klaim adalah bahwa ia telah melanggar Ketentuan Penggunaan PlaySation Network (Perjanjian Pengguna PSN), yang Sony berpendapat merupakan pelanggaran hukum yang dikenal sebagai Pelanggaran Kontrak.
Pemadaman PlayStation Network April 2011 , yang dimulai pada tanggal 20 April 2011 dan mempengaruhi 77 juta account terdaftar, adalah jumlah terpanjang waktu PSN telah online sejak didirikan pada tahun 2006 [21] Sony katakan. Yang pemadaman mencegah pengguna dari memiliki "kemampuan untuk menikmati layanan yang diberikan oleh PlayStation Network dan Qriocity termasuk game online dan akses online untuk musik, film, olahraga dan acara TV", sehingga sementara tidak tersedia.
Ketika Offline, PlayStation 3 tidak bisa bermain judul tertentu Capcom yang didownload dari PlayStation Store. Streaming video penyedia Hulu, Vudu dan Netflix yang tercatat tidak bisa diakses menampilkan pesan yang sama.
Sony melaporkan pada tanggal 26 April 2011 yang data pengguna telah diperoleh oleh hacker sama yang mengakibatkan pemadaman. Ini termasuk nama, alamat, alamat email, tanggal lahir, PlayStation Network dan password login. Dimungkinkan juga bahwa profil data, termasuk sejarah pembelian, alamat penagihan dan jawaban PlayStation sandi keamanan jaringan mungkin telah diperoleh. Sony melanjutkan untuk memberikan langkah-demi-langkah panduan tentang bagaimana US pengguna dapat memperoleh laporan kredit, tempat waspada penipuan, dan membekukan file kredit mereka melalui Equifax, Experian dan TransUnion dalam upaya untuk mencegah pencurian identitas .
Pada tanggal 1 Mei, Sony mengeluarkan siaran pers dan permintaan maaf mereka tulus menyatakan bahwa PlayStation Network tak lama akan memulai "restorasi bertahap", dimulai dengan layanan game, musik dan video . Sony juga mengumumkan "serangkaian langkah segera untuk meningkatkan keamanan di seluruh jaringan dan penghargaan Program pelanggan baru terima kasih kepada pelanggan untuk kesabaran dan kesetiaan " Pada tanggal 5 Mei, Sony mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan semua PlayStation Network dan pemegang Qriocity rekening di Amerika Serikat satu tahun gratis. AllClear ID Plus, sebuah program perlindungan pencurian identitas didukung oleh Debix.
Pada tanggal 14 Mei 2011, Sony mulai bertahap memulihkan PlayStation Network dan merilis firmware update keamanan wajib yang dibutuhkan pengguna untuk mengupdate password mereka.
Pada bulan Juni 2011, Sony meluncurkan "Selamat Datang Kembali" program setelah pemadaman, yang memungkinkan semua pelanggan PSN yang bergabung sebelum sampai dengan 20 April untuk men-download dua game bebas PlayStation 3 dan dua game bebas PlayStation Portable. Pengguna juga mendapatkan 30 hari bebas dari PlayStation Plus, sedangkan pengguna yang sudah berlangganan sebelum pemadaman mendapat 60 hari gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar